Wednesday, February 10, 2016

Arti Kartu Tarot Arkana Minor; The Suit of Pentacles.

Arkana Minor --- Arti The Suit of Pentacles



1. Ace of pentacles = bibit kesuksesan. Pekerjaan yang lebih baik. Perubahan yang lebih baik dalam hal keuangan. Kenyamanan material. Keuntungan tiba-tiba. Tanda keberuntungan. Kesempatan baru dalam bidang karir, keuangan, kesehatan atau hal-hal praktis. Keberuntungan baru. Kesejahteraan baru. Status naik. Awal yang baru. Penghargaan secara finansial.

2. Two of pentacles
= perlu menyeimbangkan beberapa bakat/minat/ keahlian yang dimiliki. Perlu menjaga keseimbangan diantara dua hal. Perlunya keseimbangan antara dunia kerja dan keluarga/ kehidupan pribadi. Melakukan berbagai pekerjaan sekaligus. Terlalu banyak tanggungjawab atau pekerjaan yang harus ditangani. Perlunya prioritas dan manajemen waktu. Kemampuan adaptasi/ menyesuaikan diri. Perubahan tiba-tiba yang mengganggu keseimbangan hidup. Perlunya berhati-hati dalam menangani tugas/proyek atau bisnis. Ceroboh. Mabuk. Masalah keuangan, terganggunya keseimbangan kondisi keuangan. Bekerja berlebihan tapi hasilnya sedikit.


3. Three of pentacles = berpartner/ partnership. Bekerjasama dengan beberapa partner yang memiliki keahlian berbeda-beda. Perlu menemukan investor untuk perkembangan bisnis. Kerjasama tim. Peningkatan kecil di bidang material. Sukses, penghargaan atau pencapaian kecil. Keberhasilan tahap awal. Kemungkinan peningkatan gaji/bayaran. Kemajuan di keahlian. Promosi dari pegawai magang ke pegawai tetap. Perencanaan yang baik. Perlunya mempertahankan profesionalitas di bidang pekerjaan. Perlunya meningkatkan kualitas di bisnis melalui kreativitas. Perlunya mempertajam keahlian demi perkembangan bisnis.


4. Four of pentacles = kondisi keuangan aman/stabil (mempunyai cukup uang). Takut kehilangan barang/materi. Merasa tidak aman. Serakah. Pelit/kikir. Masalah keuangan akan teratasi. Fokus kepada uang. Terlalu takut untuk membelanjakan uang, untuk memberikan uang kepada orang lain atau untuk menginvestasikannya. Membangun fondasi untuk “mengamankan” kesejahteraan/ kekayaan. Waktunya berinvestasi. Waktunya untuk santai dan tidak memikirkan materi. Ini tentang “kepemilikan” atau posesif dengan materi/harta. Kontrol dan keamanan. Menimbun. Isolasi dari komunitas/masyarakat. Orang yang sombong/angkuh. Menilai orang dari materi/harta yang dimiliki

5. Five of pentacles = masalah atau kekhawatiran tentang materi. Sedikit mengalami kerugian keuangan. Takut kemiskinan atau pengangguran. Frustasi. Tertekan. Penolakan. Kehilangan pekerjaan. Saat-saat sulit yang berhubungan dengan uang. Keberuntungan yang jelek. Bukan waktu yang baik untuk membelanjakan uang. Masalah kesehatan. Isolasi/pengucilan/ menyendiri. Saat-saat kesepian. Merasa seperti “orang luar” atau bukan bagian dari grup/komunitas. Menyadari kehadiran teman/partner yang setia di saat-saat sulit. Terlalu gengsi untuk meminta pertolongan.

6. Six of pentacles = kelancaran dalam hal uang. Kelimpahan. Kedermawanan. Memberikan sumbangan. Membagi kesejahteraan. Sukarela/sukarelawan. Pelunasan hutang. Simpati dan kebaikan. Menolong orang lain atau menerima bantuan dari orang lain. Menerima hadiah, uang atau warisan. Pertanda untuk tidak memberikan pinjaman karena mungkin tidak akan dikembalikan. Keseimbangan antara member dan menerima. Pertukaran yang bagus. Saat yang baik untuk membuat perjanjian bisnis.

7. Seven of pentacles = kartu menunggu. Menunggu pekerjaan baru, promosi jabatan, atau peningkatan gaji. Perlunya melanjutkan kerja keras dan tidak beristirahat terlalu lama. Proyek atau bisnis yang menjanjikan bisa gagal karena tidak melakukan apa-apa saat ini. Perlunya sabar menunggu untuk melihat kesuksesan kerjamu. Jangan memetik dan menjual buah sebelum benar-bernar matang. Melakukan pekerjaan harian rutin untuk mempertahankan bisnismu. Kegigihan. Kamu telah menyelesaikan pekerjaanmu; saatnya menghargai hasil kerjamu dan menunggu hasilnya. Saat untuk merenung/ intropeksi. Kemajuan yang lambat. Kamu ragu untuk melanjutkan proyekmu atau untuk meninggalkannya karena kamu belum melihat hasilnya setelah kerja kerasmu. Perlunya kesabaran lebih. 



8. Eight of pentacles = perlunya keahlian yang sifatnya teknis atau praktis. Dalam pekerjaan masih di level yang rendah atau tanpa bos (bekerja sendiri). Berjuang untuk kesempurnaan atau menjadi hebat. Peningkatan kecil di bidang keuangan. Magang, pegawai magang atau dalam masa training. Training di bidang kerajinan atau keahlian khusus. Training/workshop/pendidikan. Kerja keras. Rajin bekerja atau belajar. Komitmen. Kegigihan dalam bekerja. Bekerja atau belajar secara benar dan rajin. Usaha yang fokus. Perlunya fokus pada hal-hal yang detil. Fokus di proyek khusus atau di keahlian tertentu. Keahlian teknis/praktis meningkat.

9. Nine of pentacles = menikmati kesuksesan dari kerja keras. Akhirnya mendapatkan pekerjaan yang diinginkan atau mempunyai bisnis sendiri. Secara tidak disangka-sangka mendapatkan bonus atau uang. Warisan. Kemakmuran. Mandiri secara financial. Tidak ada kekhawatiran tentang uang. Mempunyai uang yang cukup untuk hidup yang nyaman. Berlimpah rezeki. Merasa cukup dan puas. Kesehatan yang baik. Mendapat keberuntungan tiba-tiba. Kehidupan yang nyaman. Menerima penghargaan dari kerja keras. Saatnya untuk berlibur atau untuk menyenangkan diri sendiri. Memanjakan diri sendiri.

10. Ten of pentacles = kebahagiaan emosional dan finansial. Kemakmuran selain di bidang finansial. Harta dan warisan keluarga. Menggunakan kelimpahan untuk memberikan warisan yang baik. Pencapaian sukses yang akan memberikan efek jangka panjang. Perlu konsentrasi dalam hal stabilitas dan tujuan jangka panjang. Keamanan dan kenyamanan keluarga. Perlunya menjaga tradisi, nama atau bisnis keluarga. Pensiun. Memberikan bisnis keluarga atau rumah keluarga ke anak sebagai penerus. Tentang memberikan sesuatu ke seseorang. Kesuksesan finansial. Perayaan dengan keluarga atau komunitas. Reuni. Semangat team. Harmoni. Komitmen bersama. Beruntung. Memanjakan orang lain.
 
Arti The Court Card of The Suit of Pentacles 


Page of pentacles 
  Sebagai pesan = pesan tentang uang, keuangan, kesehatan, pekerjaan atau bisnis. Biasanya tentang berita/pesan yang baik. 

Sebagai waktu dan lingkungan = saatnya untuk berkembang, beasiswa, kesempatan di bidang keuangan atau pekerjaan baru. Mungkin saat ini kamu mempunyai hobi, proyek atau rencana studi yang ingin kamu geluti secara serius; jadi sekarang adalah momen yang tepat untuk menyusun rencana atau aksi yang realistis untuk mencapai tujuan atau mimpimu. Ini saatnya untuk mempunyai keahlian dan kompetensi baru atau untuk mengasahnya ke level yang lebih tinggi. Jangan ragu untuk kembali ke sekolah/bangku kuliah atau untuk “magang” lagi.

Sebagai anak-anak atau kepribadian seperti anak-anak = Dia sangat terampil dengan tangannya, pragmatis, analitis, rajin, serius, suka belajar dan pekerja keras. Dia juga jujur dan terorganisir. Dia adalah pegawai magang yang serius dengan keinginan yang tinggi untuk belajar. Dia punya semangat entrepreneur.

Sisi positif = berhati baik dan dermawan

Sisi negatif = sebagai anak-anak dia serius dan terlihat dewasa. Sebagai orang dewasa, dia tidak berkembang dengan hanya mengerjakan pekerjaan “anak-anak”/ sepele. Materialistis, pelit dan jarang melakukan sesuatu dengan gratis/ sukarela. 


Knight of pentacles 
  Sebagai perjalanan: perjalanan dengan kaki atau perjalanan melalui daratan dengan menggunakan kendaraan 

Sebagai perubahan dan pergerakan: pergerakan atau perubahan lambat tapi konsisten / stabil. Tetapi sebagai ksatria, dia diharapkan bergerak sedikit lebih cepat.

Sebagai remaja atau kepribadian seperti remaja:
pintar dalam bidang keuangan. Sabar, konsisten, pekerja keras atau pelajar yang belajar secara serius; tapi lamban. Dia suka merencanakan segalanya sebelum memulai suatu pekerjaan atau proyek. Tentu saja dia mempunyai rencana jangka panjang untuk masa depannya. Karena dia selalu merencanakan terlebih dulu sebelum melakukan sesuatu, dia mempunyai kesulitan untuk menangani hal-hal yang tidak terduga. Biarpun begitu, dia mempunyai integritas tinggi dan dapat diandalkan meskipun dia masih konservatism / “jadul”. Dia tidak menunjukkan emosinya tetapi dia memperlakukan orang lain dengan hormat. 


Sisi negatif: pecandu kerja yang terlalu terikat dengan rutinitas, tergantung dengan sistem untuk mengatur segalanya dan mementingkan kesempurnaan. Buat dia, status atau kehormatan adalah penting tapi dia sangat bergantung pada materi yang bisa memberinya status yang bagus. Dia suka menyendiri dan tidak suka tampil menonjol. 

Queen of pentacles 
  Sebagai perkembangan: saat yang baik untuk memulai bisnis yang nyata atau setidaknya mebuat rencana proyek yang logis.

Sebagai situasi: perlunya untuk mengasihi, rendah hati, realistis dan praktis dalam situasi yang sedang kamu hadapi. Mungkin kamu perlu menunjukkan kalau kamu peduli dan mau menyayangi atau membantu orang lain. Atau kamu perlu untuk hidup mandiri dengan mengerjakan semua pekerjaan rumah sendirian; atau kamu perlu mandiri secara finansial dengan mempunyai pekerjaan dan gaji yang stabil. Jika kamu melakukan keduanya (mandiri dalam pekerjaan rumah dan secara finasial); kamu perlu menyeimbangkan antara kehidupan rumah tangga dan kerja/professional. 


Sebagai wanita dewasa: dia bisa menjadi wanita pebisnis/pekerja yang hebat atau ibu rumah tangga yang hebat. Sebagai wanita pebisnis atau ibu rumah tangga, dia bekerja keras untuk kenyamanan keluarganya secara fisik atau dalam segi keuangan. Dia adalah wanita yang mempunyai kenyamanan materi dan menikmati-nya; dia wanita yang kaya/berlimpah. Sebagai ibu rumah tangga, dia sangat keibuan. Dia suka memasak, membersihkan rumah, mencuci, berkebun dan merawat keluarganya. Dia kalem, murah hati, rendah hati, penyayang dan bertanggungjawab. 

Sisi negatif: terlalu peduli dan menyayangi orang-orang yang dicintainya membuat keluarga atau kekasihnya merasa “terbelenggu” dan tidak mandiri. Dia mungkin wanita yang posesif dan merasa “tidak aman”. Dia bisa saja tidak terbuka pikirannya untuk sesuatu hal yang dia tidak mengerti dengan baik. 

King of Pentacles 
  Sebagai motivasi: motivasi untuk memulai bisnis atau proyek yang bisa diandalkan; motivasi untuk melakukan investasi dengan uangmu atau untuk menabung. Fokus pada kesehatan. 

Sebagai situasi: mempunyai ambisi yang tinggi, control, kekuatan/kekuasaan, sukses dan kepuasan di bidang materi. Simbol dari penyelesaian (tugas, proyek atau pekerjaan). Kemajuan di bidang karir. Perjanjian/kerjasama bisnis sedang berada di kondisi yang bagus. Berada dalam kondisi keuangan yang aman/stabil. 

Sebagai orang dewasa: = laki-laki yang stabil secara emosi, dapat diandalkan, bisa dipercaya dan praktis. Dia sabar dan tidak gampang tersulut emosinya. Dia pemimpin di bidang keuangan; pebisnis yang sukses dan berkelimpahan. Dia disipin dan bersedia bekerja keras. Dia jujur dan beretika tinggi dalam bekerja dan berbisnis. Dia bekerja secara metodis, teliti tapi cenderung menyukai hal-hal yang praktis. Dia bisa memotivasi orang lain untuk bekerja keras. 

Sisi negatif: Dia tidak suka mengambil resiko, berubah atau berinovasi. Dia terlihat kaku, keras kepala dan pelit. Dia tipe konservatif yang memegang kuat nila-nilai, norma-norma sosial dan tradisi; jadi dia bisa menghalangi kemajuan atau suatu inovasi. Dia bukan tipe yang artistik, imajinatif atau tipe yang suka bereksperimen. Status dalam masyarakat adalah penting buat dia. Dia sedikit posesif terhadap orang-orang yang dia sayangi.

  References
http://www.paranormality.com/tarot_meanings.shtml
http://www.tarot-card.net/tarot-cards/
http://www.biddytarot.com/tarot-card-meanings/minor-arcana/suit-of-pentacles/
http://www.daily-tarot-girl.com/tarot-card-meanings/list-of-tarot-card-meanings/
http://www.aeclectic.net/tarot/learn/meanings/
http://learntarot.com/p10.htm
Dennis, Maureen (2010). Tarot: The Psychic Journey. http://www.Free-eBooks.net


9 comments:

  1. Makasih artikelnya kak sangat membantu ^^

    ReplyDelete
  2. Bs tolong pencerahannya utk arti page of cup. Knight of cup. Queen of cup dan king of cups. Mksh..natalia

    ReplyDelete
  3. Ada kok di blog ini. Coba di scroll. Maaf baru balas. Sudah ga terlalu aktif di blog. Bisa lihat channel YT-ku. Tutorial tarot yang komplit ada disana.

    ReplyDelete
  4. Tau yang prince of disk gk ya?

    ReplyDelete
  5. Arti kartu tarot yang kubahas berdasarkan Rider Waite deck. Untuk arti Prince of Disk mungkin kamu harus melihat artinya dari buklet deck tersebut. Karena aku juga masih bingung kalau the Prince itu setara dengan Knight atau King, jika dibandingkan dengan RW deck. Coba dilihat posisi hierarkhi the Prince di desk tersebut.

    ReplyDelete
  6. Makasih kak senang dengan penjelasan yang kakak berikan karena sangat membantu bagi saya

    ReplyDelete
  7. Sama2. Makasih sudah mampir ke blog aku. Stay healthy & happy :-)

    ReplyDelete