Friday, August 25, 2017

Cara membaca tebaran Celtic Cross. Bagian 4 : Cara membaca tebaran Celtic Cross dengan mengkombinasikan kartu-kartu.

Cara membaca tebaran Celtic Cross. Bagian 4 : Cara membaca tebaran Celtic Cross dengan mengkombinasikan kartu-kartu.

1.      Bandingkan kartu “atas” (kartu 5) dan “bawah” (kartu 3) untuk mengetahui sinergi antara “kesadaran” dan alam bawah sadar. Apakah ada kecocokan antara apa yang penanya inginkan/impikan secara sadar dengan suatu faktor yang penanya tidak sadari yang bisa jadi akar dari masalah? Jika ada kecocokan, akan mudah untuk menyelesaikan masalah. Jika tidak, apa yang terjadi di alam bawah sadar bisa mempengaruhi bagaimana penanya merespon masalahnya. Atau bisa mempengaruhi bagaimana penanya mencapai apa yang diinginkannya.

2.      Bandingkan kartu “atas” (kartu 5) dan kartu hasil akhir (kartu 10). Apakah ada kecocokan antara apa yang penanya inginkan (kartu 5) dengan apa yang akan terjadi (kartu 10)? Apakah penanya membantu situasi untuk terselesaikannya masalah atau justru menghindari? Jika kartu 5 dan 10 saling berlawanan, penanya harus memikirkan bagaimana caranya mewujudkan hasil yang dia inginkan (kartu 5). Lihat kartu 7 dan 9 untuk petunjuk.  Kartu 7 memberitahu sesuatu hal dari dalam diri penanya yang bisa membantu atau menghambat yang diinginkan. Sedangkan kartu 9 bisa memberi nasehat apa yang sebaiknya penanya lakukan. 

3.      Bandingkan kartu “masa depan dekat” (kartu 6) dan kartu hasil akhir (kartu 10). Bagaimana kejadian di masa depan dekat akan berkontribusi atau mempengaruhi hasil akhir (keseluruhan)? Apa yang penanya harus lakukan untuk “mengatur” kejadian atau sesuatu di masa depan dekat ini agar bisa menghasilkan hasil akhir yang baik seperti yang diinginkan? Sekali lagi cek silang dengan kartu 7 dan 9 untuk menemukan jawabannya. 

4.       Bandingkan kartu “alam bawah sadar” (kartu 3) dan kartu “harapan/kekhawatiran” (kartu 9). Jika sulit untuk menginterpretasikan kartu 9, coba lihat apa yang terjadi di alam bawah sadar  penanya (kartu 3). Apakah ada sesuatu yang tidak disadari menimbulkan ketakutan atau harapan? Jika kartu 3 dan atau 9 dalam posisi terbalik, kemungkinan penanya tidak sadar ada sesuatu (motivasi /dorongan dari alam bawah sadar) yang mempengaruhinya  dalam kehidupan nyata. 

5.       Bandingkan kartu nasehat (bisa kartu 7 atau 9) dan kartu hasil akhir (kartu 10). Jika penanya tidak menyukai hasil akhir ini (kartu 10), coba lihat nasehat dari kartu 7 atau 9 untuk mengetahui apa yang harus penanya lakukan untuk menciptakan hasil akhir yang lebih baik. Pertimbangkan juga kejadian yang akan terjadi dalam waktu dekat (kartu 6) sehingga penanya bisa mengatur apa yang sebaiknya dia lakukan untuk memperoleh hasil akhir yang positif. 

6.   Kartu 8 sebagai pengaruh eksternal yang tidak bisa penanya kontrol bisa juga mempengaruhi hasil akhir yang diinginkan. Meskipun pengaruh eksternal ini tidak mempengaruhi hasil akhir, selain kartu nasehat (kartu 7 dan atau 9), kartu 8 perlu dipertimbangkan saat membuat keputusan. Kartu 8 merupakan pendapat atau perasaan keluarga, teman, orang terdekat atau orang-orang disekitar terhadap situasi atau masalah yang menimpa penanya. 

7.   Kombinasikan semua “bacaan” tadi untuk memperoleh gambaran situasi secara menyeluruh dan mendalam.

Referensi:
https://www.thoughtco.com/the-celtic-cross-spread-2562796

2 comments:

  1. Makasih lho ini ngebantu banget. Aku baru pertama nyobain tebatan ini dan referensi dari blog ini lumayan gampang ngertinya ga serumit ekspektasi. Dan akhirnya aku bisa jawab pertanyaan aku sendiri lebih detail dari tebaran ini

    ReplyDelete
  2. Sama-sama. Senang mendengar jika artikel-artikel di blog-ku berguna. Thanks :-)

    ReplyDelete